'Catatan Kontemplasi'

Ryan, Peraih Nilai UN IPA Tertinggi di Indonesia

http://statik.tempo.co/?id=291086&width=620
Jakarta - Salut buat kawan pelajar kita Ryan Aditya Moniaga. Pencapaian akademiknya emang patut diacungi jempol sob. Ryan sukses mendapatkan nilai ujian nasional (UN) tertinggi IPA se-Indonesia.

Nama Ryan langsung jadi familiar usai pengumuman hasil UN 2014 tingkat SMA. Kawan kita kelas XII SMA Kolese Kanisius Jakarta ini adalah peraih nilai UN tertinggi tahun 2014 untuk bidang IPA dengan nilai 58,05. Keren ya....

"Nggak nyangka sih. Bener-bener gak nyangka. Kaget. Tapi seneng juga. Pertama lihat website biasa saja. Tahunya dari temen-temen. Dikira awalnya temen-temen bercanda. Jadi ketawa saja," kata Ryan.

Ryan mengaku enggak ada persiapan khusus buat menghadapi UN. Tapi sekolah sudah membekali siswanya tryout. Ditambah inisiatif Ryan yang juga banyak ngasah kemampuan dengan ngerjain soal-soal di rumah.

Remaja sederhana kelahiran Jakarta 21 Februari 1996 ini menyebut dirinya memilih menyeimbangkan waktu belajar, istirahat dan bersantai.

Selain di bidang akademik, ternyata Ryan juga aktif di kegiatan tambahan yakni grup musik sekolah Canisius Wind Ensemble. Ryan yang memainkan flute juga pernah berangkat ke Jerman pada September 2013 untuk tampil di sebuah sekolah.

Dari semua usahanya, doi tetap ngingetin teman-teman yang lain juga untuk tetap berdoa bro.

"Dan jangan lupa berdoa," kata dia.

Rencananya Ryan akan melanjutkan studi di Institut Teknologi Bandung dengan memilih Fakultas Teknologi Industri

"Saya ikut jalur SNMPTN. Pilihan pertama saya FTI-ITB dan kedua FMIPA-ITB. Pengumumannya minggu depan. Mudah-mudahan diterima. Maunya di Indonesia dulu," jelas penggemar Maroon 5 ini.

Menurutnya, ujian nasional tetap penting dilaksanakan. Tapi memang pelaksaan teknis ujian dianggap belum baik.

"Evaluasi di teknis pelaksanaannya dan juga tingkat kesulitan soalnya disesuaikan dengan kemampuan murid di Indonesia, antara di daerah dan kota seharusnya berbeda," sambungnya.

Kemampuan gini yang perlu ditiru coy,,, bukan malah tawuran atau kebut-kebutan di jalan. Nilai ga seberapa, udah maunya corat-coret seragam. Enggak banget lah.....!


Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Ryan, Peraih Nilai UN IPA Tertinggi di Indonesia "

Back To Top